Bicara soal kota Malang memang tidak ada habisnya. Ya, kota yang menyuguhkan keindahan alam sangat memukau ini, menyimpan berbagai keunikan yang mungkin saja belum kamu ketahui. Sekalipun kamu sudah bolak-balik kota Malang dan sudah hapal betul setiap sudut kotanya sampai-sampai tahu di mana saja letak pusat oleh-oleh Malang, tapi tidak menutup kemungkinan kamu malah belum tahu dengan keunikan yang dimiliki kota satu ini.

Source: https://unsplash.com/photos/c0wfrQ-vPtY

Lantas, apa saja keunikannya? Yuk, simak!

  1. Surga Wisata

Bisa dikatakan, kota Malang cocok disematkan sebagai surganya wisata Indonesia karena memang kota apel ini memiliki berbagai wisata indah, mulai dari wisata alam hingga wisata modern. Tentu saja, semua wisata ini menawarkan keindahan dan keunikannya masing-masing. Beberapa wisatanya, seperti:

  • Air Terjun Coban Pelangi
  • Gunung Semeru
  • Gunung Bromo
  • Jawa Timur Park 1, 2, 3
  • Museum Angkut
  • Predator Fun Park
  • Eco Greek Park
  • Paralayang Batu,
  • dan masih banyak yang lainnya
  1. Surga Kuliner

Selain terkenal dengan surga wisata, kota Ngalam juga terkenal dengan surga kuliner. Banyak kuliner Malang yang wajib dicicipi jika kamu liburan ke sana. Misalnya saja:

  1. Switzerland van Java

Jika Bandung dijuluki sebagai Paris van Java, maka kota Malang dijuluki sebagai Switzerland van Java. Kok bisa, ya? Alasannya karena kota satu ini dikelilingi oleh berbagai gunung sehingga menawarkan pemandangan yang sangat indah. Sebut saja, Gunung Bromo, Gunung Semeru, Gunung Kawi, Gunung Arjuno, dan lain sebagainya.

Tidak hanya itu, kota apel ini juga memiliki penataan kota yang mirip Swiss karena itulah tak heran jika dijuluki demikian.

  1. Kota Pendidikan

Kota Malang terkenal sebagai kota pendidikan di Indonesia karena banyaknya universitas-universitas yang terkenal yang berdiri di sana. Sebut saja, Universitas Negeri Malang, Universitas Brawijaya, Universitas Muhammadiyah Malang, Universitas Merdeka Malang, Universitas Islam Malang, dan masih banyak lainnya.

Semua universitas tersebut tentunya memiliki prestasi yang sangat membanggakan dan mengharumkan Indonesia. Yuk, kuliah di Malang!

Selain keunikan di atas, masih ada keunikan-keunikan lainnya seperti memiliki dialek dan bahasa yang unik seperti dialek Walik-an atau terbalik. Contohnya Ngalam Kuy, Ayas, Umak, dan lain sebagainya.

Tidak hanya itu, kota Malang juga terkenal sebagai kota sejarah yang menyimpan berbagai benda peninggalan sejarah, terdapat banyak museum, dan lainnya.

Wah, ternyata banyak keunikan yang dimiliki kota Malang. Sudah tahu?

One thought on “Sudah Tahu Keunikan Kota Malang?”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *