Korea Selatan menjadi salah satu negara yang menempati posisi teratas dalam daftar tujuan wisata masyarakat Indonesia. Hal ini tak terlepas dari ledakan budaya pop asal Negeri Gingseng tersebut mulai dari serial drama, musik, bahkan produk kecantikannya yang populer di Indonesia. Namun demikian, di luar dari semua itu, Korea Selatan memang merupakan negara yang indah untuk dikunjungi. Negara ini punya lanskap wilayah yang menarik untuk dieksplorasi di semua musim. Nah, bagi kamu yang baru pertama kali pergi ke Korea, tentu menggunakan jasa paket tour ke Korea merupakan pilihan bijak.

paket tur ke korea
Jangan sampai salah pilih penyedia paket tur

Akan tetapi, di tengah banyaknya penyedia layanan tur ke Korea, tentu butuh usaha ekstra keras untuk menemukan paket tur yang sesuai. Berikut merupakan beberapa hal yang kamu teliti agar tak salah memilih paket tur:

Reputasi penyedia paket tur

Mengetahui rekam jejak penyedia tur merupakan hal pertama yang harus kamu cek. Pasalnya, sekarang ini ada banyak sekali penyedia paket tur dengan reputasi negatif yang harus kamu hindari. Tentu, kamu tak mau dong berurusan dengan penyedia tur yang tidak bertanggung jawab? Jadi, pastikan jika paket tur yang kamu pilih memang sudah terpercaya dan punya reputasi yang bagus.

Cek paket turnya

Harga paket yang miring seringkali membuat kamu tergoda untuk segera membelinya. Nah, jangan terburu-buru dalam membuat keputusan. Cek apakah paket tur tersebut sudah meliputi tiket pesawat, penginapan, transportasi, atau bahkan uang makan. Sebab jika belum, tentu biaya yang akan kamu keluarkan akan lebih besar.

Tanyakan detail itinerary-nya
trip ke korea
Menanyakan detail itinerary ke penyedia layanan tur merupakan hal wajib yang harus dilakukan!

Hal lain yang jangan sampai terlewat untuk dicek adalah detail perjalanannya. Jika pihak travel hanya menyebutkan wilayah-wilayah secara umum, misalnya: hari pertama ke Insadong, hari kedua ke Myeongdong, dan seterusnya, tak ada salahnya jika kamu meminta detail tempat-tempat apa saja yang didatangi. Hal ini cukup membantu untuk mengurangi rasa kecewa karena ternyata tur yang kamu ikuti tidak mendatangi tempat yang kamu inginkan. Lagi pula, dengan mengetahui detail itinerary-nya, kamu bisa menimbang-nimbang apakah biaya yang dikeluarkan sebanding dengan servis yang kamu dapatkan.

Biaya di luar paket tur

Ada beberapa biaya yang harus ditanggung sendiri oleh peserta tur. Biasanya, biaya tersebut adalah visa, pengeluaran pribadi, dan juga tip untuk tour guide. Namun demikian, ada beberapa paket tur yang tidak men-cover tiket pesawat serta transportasi selama di Korea. Untuk itu, jangan sampai salah dan tanyakan biaya apa saja yang tidak termasuk dalam biaya tur, ya.

Pilihan paket tour tematik
liburan ke korea
Berkeliling istana Gyeongbokgung dengan mengenakan hanbok ternyata seru, juga!

Sekarang ini ada banyak sekali jenis-jenis tur ke Korea Selatan. Ada yang membaginya berdasarkan musim (tur di musim semi, panas, gugur, atau dingin), K-Pop tour untuk kamu yang senang dengan musik-musik Korea, drama tour untuk kamu pecinta drama, dan masih banyak lagi. Mengikuti tour tematik memungkinkan kamu untuk mengeksplorasi tempat-tempat yang memang kamu sukai. Perjalanan pun pastinya akan lebih seru!

Itu dia beberapa hal yang bisa menjadi pertimbangan kamu saat memilih paket tour untuk liburan ke Korea. Selain paket tour, sebelum berlibur di Negeri Ginseng ini kamu juga penting mencari tahu etiket dan perangai masyarakat Korea Selatan. Sebab budaya di Korea tentu berbeda jauh dengan budaya Indonesia. Semoga membantu, ya! Selamat berlibur 😀

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *