Naik subway di Seoul, Korea Selatan, ternyata mudah!

Subway atau kereta bawah tanah merupakan salah satu transportasi di Seoul yang populer. Transportasi ini menghubungkan seantero kota Seoul dalam beberapa jalur, sehingga masyarakat setempat dan wisatawan bisa mengaksesnya dalam hitungan jam saja. Untuk kamu yang hendak berlibur ke Seoul dan sudah mempersiapkan segalanya mulai dari tiket pesawat, tempat menginap, hingga asuransi perjalanan ke luar negeri, jangan lupa lengkapi diri dengan pengetahuan soal transportasi yang satu ini, ya!

Ada cara mudah yang bisa dilakukan untuk memanfaatkan subway di Seoul, berikut beberapa di antaranya:

  • Manfaatkan T-Money

Untuk bisa menggunakan transportasi subway, pertama-tama kamu harus memiliki kartu T-Money terlebih dahulu. Kartu ini bisa kamu beli di mini market seperti GS25, 7-Eleven, atau bahkan CU yang mudah ditemukan di seantero kota Seoul. Jangan lupa untuk melakukan top-up agar kartu kamu bisa segera digunakan. Tak hanya subway, kartu T-Money juga bisa dimanfaatkan sebagai alat pembayaran untuk taksi maupun bus. Untuk menggunakannya, kamu tinggal melakukan tapping kartu di gate yang sudah disediakan.

  • Unduh aplikasi Subway Korea

Bagi wisatawan asing yang belum terbiasa dengan subway, jalur kereta yang ada di Seoul memang terlihat membingungkan. Ada banyak sekali line subway dan juga stasiun, sehingga sulit jika harus dihapalkan satu persatu. Namun demikian, jangan khawatir: sekarang ini sudah ada aplikasi yang bisa membantu kamu untuk menemukan jalur terbaik menuju suatu tempat. Namanya adalah Subway Korea. Jadi, sebelum bepergian ke Seoul jangan lupa unduh aplikasi ini. Kamu bisa memasukkan stasiun keberangkatan dan stasiun yang hendak dituju. Nantinya, aplikasi ini akan menunjukkan berapa lama durasi perjalanan yang diperlukan serta di mana kamu harus berpindah line jika ternyata stasiun yang dituju tidak berada dalam satu line.

  • Cek pintu exit di setiap stasiun

Sudah menjadi hal yang umum jika satu stasiun di Seoul memiliki beberapa pintu Misalnya saja, kamu ingin mengunjungi Gyeongbokgung Palace. Istana ini bisa kamu capai dengan menggunakan subway line 3 dan turun di Gyeongbokgung Station. Dari semua pintu exit yang ada di stasiun tersebut, yang paling dekat dengan Gyeongbokgung Palace adalah exit 5. Jadi, ada baiknya untuk mengecek pintu exit dari tempat yang ingin kamu datangi.

Tak hanya itu, jangan lupa juga untuk memastikan bahwa line subway yang kamu naiki sudah benar. Perhatikan peta jalur yang ada di tiang-tiang stasiun dan cek stasiun apa saja yang akan dilalui. Semoga membantu, ya!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *