Beberapa bulan lalu ketika baru pindah ‘rumah’, ada teman yang request untuk menuliskan tutorial edit foto di blog ini. Well, I promised a while back that I’d post up a tutorial and here it is!

Sebagai catatan, sebagian besar foto yang aku unggah di Instagram diambil menggunakan mobile phone dan editingnya tentu menggunakan aplikasi edit foto yang tersedia. Biasanya, aku pakai aplikasi VSCO atau Snapseed, tapi akhir-akhir ini aku mulai hijrah ke Adobe Lightroom CC karena tools-nya lebih menarik.

Di tutorial pertama ini, aku mau berbagi cara membuat warm pastel color preset. Sesuai dengan namanya, tone ini akan mengubah warna foto kita menjadi agak oranye dan pink pastel. Beberapa waktu belakangan, banyak influencer dalam dan luar negeri yang menggunakan tone jenis ini, jadi kalau penasaran ingin coba, yuk mari~

Sebelum mulai ngedit, jangan lupa download ADOBE LIGHTROOM CC di link ini!

Step 1: Pilih foto yang ingin diedit

Berdasarkan pengalaman pribadi, warm pastel preset ini bisa digunakan untuk segala jenis foto, tapi sangat sangat cocok untuk foto-foto outdoor. Jadi, aku sarankan untuk memilih foto yang banyak cahaya mataharinya, seperti foto traveling, city landscape di pagi atau siang hari, di coffee shop dengan cahaya yang cukup, atau foto portrait juga boleh. Kalau fotonya agak gelap, boleh edit dulu brightness-nya di Snapseed atau aplikasi lain.

Setelah foto siap, langsung import fotonya di Adobe Lightroom CC, ya. Begini contoh tampilan setelah foto berhasil dibuka di aplikasi:

Step 2: Atur pencahayaan di bagian LIGHT

Tahap pertama untuk edit ala-ala pastel color adalah memperbaiki pencahayaan foto yang dipilih. Sebelumnya aku bilang kalau foto yang dipake gelap, bisa edit dulu di Snapseed. Tapi, kalau kalian malas dan nggak mau pindah-pindah apps, edit di Lightroom juga bisa. Untuk foto yang mau aku edit, bagian LIGHT-nya adalah sebagai berikut:

Exposure: +0.10

Contrast: +10

Highlights: -100

Shadows: +100

Whites: -100

Blacks: +50

Nah, foto kamu siap untuk melangkah ke tahap berikutnya!

Step 3: Mulai edit bagian COLOR dan COLOR MIX

Sampailah kita pada tahap yang paling menarik dan akan menentukan hasil warm pastel preset pada foto! Di tahap ini, kita akan mengubah warna asli pada foto menjadi agak oranye dan pink pastel.

Pertama, klik bagian COLOR dan ubah temperature, tint, vibrance, dan saturationnya menjadi seperti ini:

Temp: +23

Tint: +10

Vibrance: +30

Saturation: -13

Note: sekali lagi, ini tergantung foto yang digunakan, ya. Kalau dirasa belum pas, kalian bisa slide ke kanan atau kiri di bagian vibrance atau saturation-nya. Dicoba-coba aja sampai ketemu tone yang tepat!

Setelah color selesai, klik “MIX” yang ada di pojok kanan.

warm pastel preset

COLOR MIX

(Kalo penamaan warnanya agak salah, mohon dimaafkan ya wkwkwk. Ini berurutan sih dari kiri ke kanan, sengaja dinamain biar kalian gak bingung aja^^)

Sedikit penjelasan untuk bagian color mix ini. Jadi, di bagian color mix, kita akan mengubah warna dengan menggunakan HSL sliders. H untuk Hue, S untuk Saturation, dan L untuk Luminance. Tool ini akan membantu kita untuk ‘menurunkan’ warna yang terlalu terang dan juga ‘mengeluarkan’ warna lain yang kita inginkan.

H atau HUE akan mengubah tint dari warna. Misalnya, ketika kita mengedit di GREEN, semakin rendah kita mainkan slidernya, maka warna di image akan agak kuning atau bahkan mati hijaunya. Sementara kalau kita naikkan slidernya, maka warna hijaunya akan lebih keluar.

Sementara itu, S or SATURATION changes how vibrant the particular color is. Untuk menebalkan atau menurunkan warna yang diinginkan, kita bisa memainkan slider di bagian saturation.

And lastly, L or LUMINANCE affects how bright or dark the particular color is. Mau warna hijau terang atau hijau gelap, tinggal geser slider ke arah angka plus atau minus saja di tools ini.

Pengaturan COLOR MIX yang aku gunakan adalah:

Red

Hue: 0

Saturation: +79

Luminance: 0

Orange

Hue: 0

Saturation: 0

Luminance: +29

Yellow

Hue: -100

Saturation: -37

Luminance: +45

Green

Hue: -100

Saturation: -42

Luminance: +50

Blue

Hue +100

Saturation: -20

Luminance: +73

Dark Blue

Hue -90

Saturation: -52

Luminance: +27

Untuk warna Purple dan Magenta, tidak perlu diubah slidernya (biarkan di angka 0 semua).

Kalau sudah, jangan lupa klik “DONE” di pojok kanan.

Apakah tahapannya sudah selesai sampai di sini? O, tentu tidak. Masih ada tahap lain yang harus dilewati beb. Klik “EFFECTS” yang ada di sebelah “COLOR”

Step 4: Edit di bagian EFFECTS

Tahap ini nggak serumit yang kamu bayangkan, kok. Di bagian ini, yang kita ubah hanya CLARITY saja. Clarity: +6

Step 5: Next langsung pindah ke “DETAIL”

Warm pastel preset sudah hampir siap. Sekarang, sudah kelihatan kan perubahan warnanya? Nah, untuk menyempurnakan hasilnya aka finishing touch, yuk ubah sedikit di bagian DETAIL! Berikut perinciannya:

Sharpening: 15

Radius: 1.0

Detail: 25

Masking: 0

Noise Reduction: 35

Detail: 51

Contrast: 0

Color Noise Reduction: 5

Detail: 50

Smoothness: 50

Selesai! Jangan lupa untuk menyimpan preset-nya supaya kalian bisa langsung pakai untuk foto lainnya, tanpa harus mengedit dari awal lagi. You already have all the basic settings and all you have to do is some minor adjustments according to your photo (if needed)!

Gimana cara menyimpan preset-nya? Gampang banget, beb.

  • Klik titik tiga di pojok kanan atas
  • Klik “Create Preset”
  • Beri nama di “Preset Name”. Misalnya, pastel tone, soft color, etc etc terserah kalian.
  • Kalau sudah, klik tanda centang.

Dan foto kamu siap mengudara di feed instagram~ Jangan lupa untuk edit beberapa foto sekaligus agar feed kamu terlihat seragam dan sedap dipandang #asiyap

Berikut beberapa hasil foto yang diedit dengan menggunakan warm pastel preset ini:

This slideshow requires JavaScript.

Well, hope this helps and tag me if you use this lightroom recipe! Masih belum punya aplikasi Lightroom mobile? Buruan download aplikasi ADOBE LIGHTROOM CC gratis di LINK ini ya.

Selamat mencoba!

Regards,

Tari

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *